AnoHana

Jumat, 18 Mei 2012



Ano Hi Mita Hana no Bokutachi Namae wa Mada Shiranai atau AnoHana (‘bunga yang kita lihat pada hari itu masih belum kita ketahui namanya’) adalah anime dengan tema cerita seperti itu. Seri drama ini keluar pada musim semi tahun 2011 (banyak sekali anime seru keluar pada musim ini), dan ditayangkan pada slot tayang malam Noitamina.

Plot

Anime ini bercerita tentang enam orang anak yang berteman baik dan membentuk “Super Peace Busters” bersama. Salah satu dari mereka, Menma, suatu hari meninggal dunia. Kematian Menma membawa perubahan besar dalam hidup mereka, yang kemudian berpencar menjalani hidup masing-masing. Beberapa tahun kemudian ketika mereka sudah remaja, Menma kembali muncul di depan seorang dari mereka, Yadomi Jinta, dan meminta permohonannya untuk dikabulkan. Menma sendiri lupa permohonannya itu apa, tapi ia yakin permohonannya itu hanya dapat dikabulkan dengan berkumpulnya para anggota Super Peace Busters. Jinta, satu-satunya yang dapat melihat Menma, meminta bantuan kepada teman-teman masa kecilnya itu, tapi benar-benar tidak mudah, karena mereka semua sudah berubah.
Berhasilkah mereka mengabulkan permohonan Menma?


Anime ini bertema dewasa, bermain sama emosi, dan sangat nyata. Bagian Menma yang kembali sebagai hantu (dengan badan yang telah berkembang dari ketika dia meninggal waktu dia kecil) bukan sesuatu yang sering ditemukan di dunia nyata, tetapi bagian manusia yang bisa sangat berubah karena satu kejadian, bagian pertemanan yang berakhir, dapat membuat penonton masuk kedalam cerita tersebut
Cerita AnoHana adalah seputar sekelompok anak remaja yang dulu bersahabat sangat dekat, tetapi menjadi terpisah dari satu sama lain semenjak salah seorang di antara mereka wafat karena kecelakaan. Tokoh utamanya, Yadomi Jinta (Jin-tan), adalah remaja laki-laki yang dulu berperan sebagai pemimpin kelompok ini, tapi selama bertahun-tahun dibayang-bayangi kenangan buruk akan kejadian itu ditambah trauma akan kematian ibunya sendiri, akibat sakit. Jin-tan yang dulu penuh semangat berubah menjadi pemurung, hingga akhirnya mulai berhenti bersekolah dan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan mengurung diri di rumah.
Sampai suatu ketika, pada suatu musim panas, roh dari gadis kecil yang meninggal itu, Honma Meiko (Menma), tiba-tiba muncul di hadapannya. Kemunculan roh Menma dalam hidup Jin-tan—yang hanya bisa dilihat dan didengar oleh dirinya seorang—kemudian mendorongnya untuk menyatukan teman-teman masa kecilnya dahulu, sesudah ia meyakinkan diri bahwa keberadaan roh Menma bukan hanya sekedar delusi akibat stresnya belaka.
Bersama, keenamnya dulu membentuk grup Chou Heiwa Busters, ‘penjaga keamanan kota’ yang bahkan memiliki ‘markas rahasia’ mereka di tengah hutan tempat mereka dulu sering bermain.
Gampangnya, AnoHana berkisah tentang upaya Jin-tan berteman dengan teman-teman lamanya dan menemukan ‘keinginan’ Menma yang Jin-tan duga menjadi alasan mengapa rohnya kini membayanginya. Perlu diketahui bahwa Menma sendiri tak mengetahui alasan ia hadir kembali . namun ia yakin permohonannya itu hanya dapat dikabulkan dengan berkumpulnya para anggota Super Peace Busters. Jinta, satu-satunya yang dapat melihat Menma, meminta bantuan kepada teman-teman masa kecilnya itu, tapi benar-benar tidak mudah, karena mereka semua sudah berubah. Bersama upayanya tersebut, rahasia-rahasia lama akan terungkap dan luka-luka hati yang masih membekas akan terpulihkan, seiring dengan kembalinya berbagai kenangan indah yang selama ini menghantui mereka.

Karakter

Yadomi Jinta (Jin-tan); Cowok hikikomori yang tidak pernah datang ke sekolah dan hanya berdiam diri dirumah (paling sering bermain game). Satu-satunya orang yang hanya bisa melihat sosok Menma. Oleh karena itu ia berfikir sudah seharusnya ia yang bertanggung jawab terhadap Menma. Jin-tan juga sejak dulu menyimpan perasaan pada Menma
Honma Meiko (Menma); Seorang gadis periang dan polos yang suka bermain-main dan menyimpan perasaannya pada Jin-tan.  Meninggal ketika terpeleset jatuh ke bawah sungai ketika masih kecil. Dan moment kematiannya itu rupanya meninggalkan banyak kenangan pribadi pada teman-temannya yang lain
Anjou Naruko (Anaru); gadis ‘gaul’ yang menjadi satu-satunya teman yang masih kontak dengan Jin-tan karena satu sekolah; diam-diam sejak dulu menyukai Jin-tan di balik sikap dinginnya. Kerap disalahpahami akibat caranya berpenampilan.
Matsuyuki Atsumi (Yukiatsu); murid pandai yang kini bersekolah di SMA elit, menyimpan rasa permusuhan terhadap Jin-tan; sebenarnya menyukai Menma, namun Menma dari dulu paling akrab dengan Jin-tan. Tampan, atletik, dan populer.
Tsurumi Chiriko (Tsuruko); gadis pendiam yang kini menjadi murid pandai di SMA yang sama dengan Yukiatsu, sekaligus orang paling dekat dengannya saat ini, namun bukan pacar. Logis dan analitik.
Hisakawa Tetsudo (Poppo); teman yang sejak dulu paling mengagumi Jin-tan karena
pembawaannya sendiri yang agak canggung. Di awal cerita, ia baru pulang dari perjalanan keliling dunia dengan uang hasil kerja kerasnya sendiri.

Review

Penulis skrip anime Ano Hi Mita Hana no Namae o Boku-tachi wa Mada Shiranai. (AnoHana) Mari Okada mengungkapkan dalam edisi Agustus majalah bulanan Media Factory Da Vinci bahwa dalam dramanya akan ada unsur-unsur slapstick erotic ( komedy kasar yang mengandung erotic) pada gambaran originalnya,anime dengan tema cerita slice of life yang contemplative dengan aliran cerita datar,dalam versi final animenya sangatlah berbeda dengan rencana asli penulis.
Okada menjelaskan bahwa Anohana digambarkan bercerita pertemanan seksual anak muda satu sama lain selama tahap perencanaan cerita awalnya.penulis pun membayangkan menyeimbangkan aspek slapstick erotic dengan cerita yang dalam tentang persahabatan masa kanak-kanak,seperti yang dijelaskan Okada nantinya dalam drama dikembangkan tema hantu dan supernatural bermunculan.
Direktur Tatsuyuki Nagai dan desainer karakter dan animasi kepala direktur Tanaka Masayoshi yang berkontribusi perubahan cerita selama perencanaan.Penulis anohana mengungkapkan emosinya terguncang setelah mempelajari bahwa banyak cerita yang harus di ubah agar proposal animenya dapat diterima,selama fase tersebut dua staff menyarankan Okada bahwa cerita tersebut telalu klise dan fokus pada persahabatan menjadi alternatif yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar